Apa Itu Sosial Media dan Berapa Besar Pengaruhnya?

Pengertian dan Dampak Sosial Media

Media sosial merupakan ungkapan yang sering kita buang setiap hari, banyak orang yang mencurahkan isi pikiran dan hatinya ke media sosial. Tidak hanya remaja, bahkan yang tua pun ikut serta. Dalam artian memberikan pendapat-pendapat nya, apakah itu dari segi ekonomi Indonesia, budaya tanah air dan macam-macam yang tidak mungkin satu per satu di jabarkan. 

Zaman digital kini tidak dapat di hindari lagi bagaimana besar pengaruh nya, baik dari segi pendidikan maupun lingkungan. Sosial Media yang paling banyak pengguna di Indonesia seperti Facebook, Twitter, Instagram, Snapchat, WhatsApp, Line, Path, Ask.fm, dan Tumblr.

Apabila menggunakan istilah tersebut untuk menggambarkan situs seperti Facebook, dan juga situs seperti Digg, plus situs seperti Wikipedia, dan bahkan situs seperti I Can Has Cheezburger, maka semakin membingungkan. Karena bukan hanya yang telah di sebutkan di atas sosial media, sudah begitu banyak dan membanjir di internet. 

Pengertian dan dampak Media Sosial
Pengertian dan Pengaruh Media Sosial

Jadi, apa itu sosial media?

Alih-alih mendefinisikan istilah tersebut dengan menggunakan sekumpulan jargon yang membosankan yang mungkin hanya akan mempersulit hal-hal lebih jauh, mungkin cara terbaik untuk mendapatkan pemahaman yang lebih jelas tentang hal itu adalah memecahnya menjadi istilah yang lebih sederhana. Untuk memulai, mari kita lihat setiap kata secara terpisah.

Bagian "sosial": mengacu pada interaksi dengan orang lain dengan berbagi informasi dengan mereka dan menerima informasi darinya.

Bagian "media": mengacu pada instrumen komunikasi, seperti internet (sementara TV, radio, dan surat kabar adalah contoh bentuk media yang lebih tradisional).

Baiklah, dari kedua istilah yang terpisah ini, kita dapat menarik definisi dasar bersama-sama: Media sosial adalah "alat komunikasi berbasis web yang memungkinkan orang berinteraksi satu sama lain dengan berbagi dan mengkonsumsi informasi".

Ya, itu definisi yang luas - namun perlu diingat bahwa media sosial adalah istilah yang sangat luas. Hal ini mungkin sama spesifiknya dengan kita tanpa penekanan terlalu jauh pada subkategori media sosial yang lebih spesifik.


Lalu Bagaimana Pengaruh Sosial Media Saat Ini?

Perkembangan teknologi dan informasi kini tidak diragukan lagi. Dengan hadirnya Media Sosial (Medsos) saat ini telah cukup untuk membuktikan nya. Kalian tahu bahwa di zaman sekarang, media sosial ternyata telah menjadi kebutuhan pokok. Bicara pengaruh tentu ada sisi positif dan negatif nya.

Dampak Positif dari Media Sosial, mempererat tali silaturrahim, menyediakan informasi yang cepat, sehingga tidak ketinggalan informasi, memberikan peluang positif untuk anak-anak bangsa untuk lebih kreatif, mengakrabkan pertemanan meski jarak jauh. 

Dampak Negatif dari Media Sosial, pengguna sosial media sulit bersosialisasi secara langsung sehingga pudar nya rasa saling peduli, terjadinya kejahatan atau dikenal istilah cyber crime yang terjadi di dunia maya, hilangnya budaya tanah air sebab banyak anak-anak yang terpengaruh dunia luar.

Nah, begitu lah teman-teman artikel singkat saya kali ini mengenai Pengertian dan Dampak Sosial Media. Semoga bermanfaat, dan dapat di hindari hal-hal negatif yang dapat membuang buang waktu ;)

Subscribe to receive free email updates: