Cara Non-Aktif kan Remote Desktop di Windows 7, 8, & 10

Cara Mematikan Remote Desktop Pada Windows 7, 8, & 10

Windows Remote Desktop - memungkinkan Anda (atau orang lain) untuk terhubung ke komputer Anda dari jarak jauh melalui koneksi jaringan, secara efektif mengakses semua hal di komputer Anda seolah-olah Anda terhubung langsung dengannya.

Ini berguna jika Anda perlu mengakses komputer dari lokasi lain - misalnya, jika Anda perlu terhubung ke komputer Anda di rumah saat Anda bekerja atau sebaliknya. Ini juga berguna dalam situasi dukungan di mana Anda ingin membantu orang lain dengan terhubung ke komputer mereka, atau Anda ingin memberikan akses ke pendukung personil untuk terhubung ke komputer Anda.

Sayangnya, Remote Desktop bisa dimanfaatkan oleh hacker untuk menguasai sistem remote dan menginstal malware atau mencuri informasi pribadi. Sebaiknya nonaktifkan fitur ini kecuali jika Anda memerlukannya secara aktif - dan ini tidak diaktifkan secara default. Setelah diaktifkan, bagaimanapun, mudah untuk menonaktifkannya.

Catatan: Utilitas Windows lain, Windows Remote Assistance, bekerja sama dengan Remote Desktop namun secara khusus disesuaikan dengan dukungan teknologi jarak jauh dan dikonfigurasi secara berbeda dengan persyaratan yang berbeda. Anda juga mungkin ingin mematikannya, dengan menggunakan dialog System Properties yang sama seperti Remote Desktop, yang dibahas di sini.



Windows 7

  1. Klik tombol Start, kemudian Control Panel.
  2. Buka System Dan Security.
  3. Pilih System di panel kanan.
  4. Pilih Remote Settings dari panel kiri untuk membuka kotak dialog System Properties untuk tab Remote.
  5. Klik Don’t Allow Connections To This Computer dan kemudian klik OK.


Windows 8

Untuk Windows 8, prosesnya mirip dengan Windows 7.

Pada Windows 8.1, bagian Remote Desktop telah dieliminasi dari tab Remote. Untuk mendapatkan kembali fungsi ini, Anda harus mendownload aplikasi Remote Desktop dari Windows Store dan menginstalnya pada komputer Windows 8.1 Anda.

Setelah diinstal dan disiapkan, cara untuk menonaktifkannya:

  1. Tekan Windows + X dan pilih System dari daftar.
  2. Klik Advanced System Settings di sidebar kiri.
  3. Pilih tab Remote dan centang  Don’t Allow Remote Connections to this Computer.


Windows 10

Windows 10 dikirimkan dengan Remote Desktop, sehingga Anda tidak perlu memasangnya secara eksplisit. Setelah terinstal dan disiapkan, menonaktifkannya mirip dengan Windows 8.1, namun Anda bisa menggunakan kotak pencarian Cortana:

  1. Masukkan "setting remote" ke dalam kotak pencarian Cortana dan pilih "Allow remote access to your computer". Hal ini tampaknya kontra-intuitif, namun ini membuka dialog panel kontrol untuk Remote System Properties.
  2. Centang Don’t Allow Remote Connections to this Computer.

Subscribe to receive free email updates: