8 Tips Untuk Ramadhan Yang lebih sehat

Ramadhan merupakan bulan kesembilan dari kalender Muslim. Berlangsung selama satu bulan penuh, dimana umat Islam berpuasa pada siang hari menahan hawa nafsu. Bukan hanya sekedar menahan makan minum, namun juga tidak diperbolehkan untuk merokok, jima', mengatakan perkataan kotor, bahkan suntikan yang mengandung makanan. Dan sempurna puasa sampai datangnya malam. Tentu di bulan ramadhan juga merupakan waktu untuk memperkuat ikatan keluarga dan masyarakat. 

Pada bulan Ramadhan yang penuh keberkahan ini umat Muslim memperbanyak ibadah dan sedikit menghabiskan waktu untuk memperhatikan kehidupan sehari-hari. Namun seperti apa tips ramadhan yang lebih sehat?

Berpuasa sehat

#1 Makan Sahur

Nabi Muhammad SAW sangat menganjurkan untuk makan makanan pra-fajar (sahur) sebelum berpuasa. Selain menambah kekuatan saat menjalankan puasa, melaksanakan sunnah, serta menambah keikhlasan saat beribadah. Allah & para Malaikat pun bershalawat bagi mereka yang melaksanakan makan sahur. Meski itu hanya meneguk air putih saja. Lebih bagus lagi jika mengkonsumsi 3 buah kurma, karena membuat lebih tahan dari satu porsi nasi.

#2 Batasi Asupan Lemak

Batasi saja, tidak perlu hindari. Seperti makanan altar "tradisional" dimana sebagian besar budaya Muslim yang sudah menjadi ciri khas. Pikirkan kembali sebelum memakan jajanan di luar apalagi berminyak atau terlalu manis. Sebaiknya konsumsilah kurma seperti anjuran Nabi SAW.

3. Ikuti Aturan Nabi 

Ini penting sekali untuk disampaikan pada bulan Ramadhan seperti sekarang ini. Bahwa kita harus berusaha untuk tidak memiliki makanan sepertiga, sepertiga cairan dan sepertiga udara di perut kita saat makan.

4. Jangan Lupakan Sayur & Buah

Meskipun sedang berpuasa di bulan Ramadhan untuk sayuran dan buah jangan dilupakan begitu saja. Apalagi pada waktu Iftar. Jika memang tidak sempat untuk memakan nya, Anda boleh memakannya saat sahur.

5. Berjalanlah Setelah Berbuka Puasa

Sebelum Anda jatuh dari kelelahan akibat terlalu kenyang setelah berbuka puasa dan makan malam, ada baiknya untuk berjalan-jalan kecil di sekitar rumah Anda. Perubahan lingkungan dan keterpaparan pada udara mampu membuat anda tampak lebih fresh saat melakukan aktivitas selanjutnya. Hindari tidur setelah berbuka.

6. Melaksanakan Shalat Tarawih

Tiba bulan Ramadhan maka sudah tentu ada nya shalat sunnah tarawih. Oleh itu, agar tubuh Anda semakin sehat maka laksanakan shalat tarawih karena dapat menetralisasi makanan yang telah Anda santap saat berbuka. Tidak hanya itu, membuat konsentrasi Anda meningkat, persaudaran semakin kuat dan tentunya pahala punsemakin mengalir. Mari perbanyak ibadah dan menyebar kebaikan di bulan yang penuh ampunan ini.

7. Tidur Siang Sebentar

Para ahli mengatakan bahwa dengan tidur siang 15 menit membuat otak dan tubuh benar-benar segar kembali. Agar terjadwal maka aturlah alarm di jam tangan / ponsel Anda untuk tidur siang. Ini juga membantu bangun sahur Anda dengan mudah.

8. Baca Al-Qur'an

Nah, untuk poin yang terakhir ini sangatlah penting. Membaca Al-Qur'an di bulan puasa mendapatkan pahala berlipat ganda, menjadikan waktu lebih produktif, terhindar dari godaan syaithan, membangun pikiran positif, dan tentunya semakin dengan dengan Al-Qur'an.

Subscribe to receive free email updates: