Pengertian Sistem Operasi DOS

DOS (Disk Operating System) adalah sistem operasi yang berjalan dari hard disk drive. Istilah ini juga bisa merujuk pada keluarga tertentu dari sistem operasi disk, paling sering MS-DOS (Microsoft Disk Operating System).

Sistem operasi (OS) adalah perangkat lunak yang mengendalikan perangkat keras komputer dan perangkat periferal dan memungkinkan program lain berfungsi. Komputer awal tidak memiliki disk drive tapi terprogram untuk melakukan perhitungan tertentu. Nantinya, komputer mampu menyimpan instruksi yang dimasukkan ke dalam memori komputer menggunakan kartu punch dan kemudian pita magnetik. Ruang memori komputer terbatas dan ketika instruksi untuk mengendalikan komputer dipindahkan ke disk drive, seperti floppy disk atau hard drive internal, teknologi ini dianggap mutakhir. Saat ini, setiap sistem operasi modern akan dianggap sebagai sistem operasi disk.

Sistem operasi disk juga digunakan untuk menggambarkan beberapa sistem operasi disk baris perintah yang sangat mirip. PC-DOS (Personal Computer Disk Operating System) adalah sistem operasi disk yang pertama kali dipasang di komputer pribadi yang beroperasi pada prosesor Intel 8086 16-bit. Ini dikembangkan untuk IBM oleh Microsoft Corporation, yang juga menghasilkan versi hampir identik yang disebut MS-DOS. Komputer lain pada saat itu, seperti Commodore 64, Atari 800, dan Apple II, semuanya menampilkan sistem operasi disk, DOS CBM, Atari DOS, dan Apple DOS. (DOS / 360 adalah sistem operasi untuk mainframe IBM yang pertama kali muncul pada tahun 1966, namun tidak terkait dengan DOS 8086 yang berbasis di tahun 1980an.

Pengertian Sistem Operasi DOS

Sistem operasi awal ini tidak multitask, karena mereka hanya mampu menjalankan satu program pada satu waktu. Antarmuka baris perintah, di mana pengguna harus mengetikkan perintah, mengharuskan pengguna mengingat perintah untuk menjalankan program atau menjalankan tugas sistem operasi lainnya, sehingga sulit bagi para pemula untuk menggunakannya. Misalnya, mengetik perintah "cd \ directory_name" mengubah direktori kerja saat ini ke direktori yang dinamai dan mengetikkan perintah "dir" yang mencantumkan file-file di direktori saat ini.

Ketika Microsoft pertama kali memperkenalkan Windows sebagai antarmuka pengguna grafis (GUI) untuk MS-DOS, pengguna awal harus mengetikkan "WIN" pada prompt DOS untuk meluncurkan program Windows. Windows telah berevolusi dari menjadi program GUI yang berjalan di bawah DOS ke sistem operasi penuh yang menggantikan OS default, meski baru pada Windows XP versi konsumen Windows berhenti mengandalkan program DOS win.com untuk bootstrap kernel Windows .

Versi retail terakhir dari MS-DOS adalah MS-DOS 6.22. Setelah rilis ini, MS-DOS masih dibundel sebagai bagian dari Windows, namun tidak lagi membutuhkan lisensi terpisah. Ini masih bisa dijalankan di bawah Windows dengan menggunakan program Command Prompt. Ada versi open source dari DOS yang disebut FreeDOS yang berbasis dan kompatibel dengan MS-DOS.

Catatan: Akronim DoS dengan huruf kecil O adalah singkatan dari Denial of Service, sebuah metode untuk menyerang komputer berjejaring dengan mengirimkannya sejumlah permintaan yang tidak normal sehingga bisa menghabiskan sumber dayanya sehingga pengguna asli tidak dapat mengaksesnya.


Subscribe to receive free email updates: